Home » » Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo

Written By Unknown on Sunday, December 8, 2013 | 6:18 AM

Meskipun namanya sering dibilang cucak ijo, namun burung ini bukan keluarga dari cucak-cucakan. misalnya saja cucak rowo, cucak ijo sama sekali bukan satu suku dengan burung tersebut dan burung cucak jawa. nama ilmiah dari burung cucak ijo yaitu (Chloropsis sonnerati). burung cucak ijo ini seluruh badannya dominan dengan warna hijau. cucak hijau termasuk kedalam suku Chloropseidae yang berkarabat dekat dengan burung mungil yaitu sirtu/cipoh.
  Ciri yang lebih spesifik dari cucak ijo adalah bertubuh sedang, dengan panjang tubuh dari ujung paruh hingga ujung ekor sekitar 22 cm. sepertihalnya cucak ijo, seluruh tubuh dominan warna hijau termasuk sayap dan ekor. semetara pipi dan tenggorokan burung berwarna hitam berikalau (jantan).
   Habitat Cucak Hijau, yaitu menyebar di semenanjung malaya, sumatera, kalimantan, natuna, jawa dan bali. burung ini tersebar luas tapi tidak umum didapati, dihutan dataran rendah dan perbukitan sampa ketinggian 1.000 m.
  Ciri berdasarkan Daerah Asal,  cucak ijo merupakan burung Asia. jenis cucak ijo antara lain :
1. Cucak ijo Kecil (C. cyanopogon ) ukuran 17 cm dan tidak punya bercak biru dibahu.
2. Cucak ijo sayap biru (C. cochinhinensis) sayap dan ekor bercampur warna biru, ukuran 17 cm.
3. Cucak ijo dahi emas (C. aurifrons ) dahi berwana kuning (jantan) ukuran tubuh 19 cm.
4. Cucak ijo sumater (C. venusta) paling kecil dari jenis ijo lainnya yaitu ukurannya 14 cm. dahi dan sisi kepala biru terang (jantan)

Cucak ijo sangat pandai dan ahli dalam menirukan suara burung lain, oleh karena itu para kicau mania sangat antusias untuk mendapatkan burung ini yang hanya dijadikan rumahan ataupun lomba. hal yang paling sulit dan penting dalam memilih cucak ijo yang masih bakalan adalah harus pintar menentukan ciri-ciri jantan betina cucak ijo. karena pada setiap bakalan cucak ijo yang belum keluar trotolan hitam jantan dan betina hampir sangat sama. jadi jangan sampai terkecoh.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Buku Kicau | BK Community | Suara Burung
Copyright © 2013. Buku Kicau - All Rights Reserved
Template Created by Buku Kicau Published by BK Community
powered by Blogger