Home » » Cara Membuat Pleci Agar Cepat Buka Paruh

Cara Membuat Pleci Agar Cepat Buka Paruh

Written By bunga cantik on Saturday, December 7, 2013 | 7:25 PM

 Pleci atau burung kacamata merupakan burung koloni, dihabitat aslinya burung ini saat mencari makanan akan selalu berkoloni dan akan membentuk sebuah koloni. Banyak orang yang frustasi karena burung pleci jagoannya tidak kunjung buka paruh atau ngalas bongkar isian, hal yang perlu dicatat tidak ada kata instan dalam perawatan burung minimal rawatan 8 bulan sudah bisa buka paruh jika orang tersebut benar-benar konsisten dalam merawat burung plecinya. 
     yang perlu kita catat baik-baik kunci sukses merawat pleci adalah konsisten dan bersabar. konsisten disini misalkan saja pada hal pakan pleci, kita harus benar-benar tau karakter pleci tersebut makanan kesukaannya serta pemberian ekstrafooding (jangkrik,ulat hongkong,kroto). masalah pakan jangan berubah-ubah karena tidak baik bagi pleci. langkah yang harus dilakukan agar sang burung mungil ini cepat buka paruh sebagai berikut :
  1. Burung Pleci harus benar-benar tidak takut terhadap manusia, misalnya saja kita baru beli di ombyok. Biasanya pleci dari hasil ombyok masih kelabakan jika didekati orang. Hal semacam ini sudah lumrah terjadi di setiap burung hasil ombyokan atau burung yang masih liar. Cara cepat menjinakkan burung bisa dilihat dihalam ini >>> Cara cepat menjinakkan burung Pleci liar
  2. Setelah burung pleci benar-benar jinak, jinak dalam artian tidak harus jinak saat dipegang burung pleci tersebut diam. Tetapi jinak yang sekiranya kalau ada orang mendekat dengan burung pleci tersebut tidak kelabakan. sekarang lanjut ke steap berikutnya masalah rawatan harian.
  3. Memelihara pleci agar cepat buka paruh harus lebih dari satu burung pleci, misalnya saja minimal ada dua atau tiga pleci. tujuannya agar si burung pleci ini mempunyai koloni baru dirumah kita. Pleci tidak usah dikerodong. Saat menjelang tidur atau sekitar pukul 17.00 pleci-pleci tersebut didekatkan dengan jarak 1/2 m. pada tahap pengkolonian ini sekitar 1 atau 2 minggu (lebih lama dikoloni lebih baik) burung pleci harus saling didekatkan dengan pleci lain. Setelah 1 atau 2 minggu baru dipisah, jangan saling melihat pleci satu dengan yang lainnya. lihat perubahan tersebut. pada saat pemisahaan ini dilakukan selama sehari saja, jelang jam 17.00 pleci dikoloni lagi sampai 3 bulan, atau si pleci benar-benar sudah ngeriwik kasar dan buka paruh bongkar isian.
  4. Sambil dikoloni setiap pagi pukul 4.30 atau 05.00, pleci-pleci tersebut di embun-embunkan langsung (tetap dikoloni). sampai jam 07.00 baru pleci tersebut dimandikan semprot atau kalau kita sibuk nguli cukup sediakan cepuk air minum yang besar agar pleci mandi sendri ke cepuk tersebut. jam 07.30 baru mulai penjemuran. Banyak tips yang mengatakan saat penjemuran pleci tidak boleh saling lihat dengan pleci lainnya. Tapi kali ini saya sarankan saat penjemuran pleci-pleci tersebut tetap didekatkan atau saling lihat (dikoloni) selama masa pengkolonian. jam 09.30 pleci-pleci tersebut diangin-angikan diteras rumah atau di bawah pohon tetap dalam keadaan berkoloni.
  5. Pemandian pleci bisa dilakukan sewaktu sore pukul 15.00 dan malam 08.00, agar birahi pleci bisa terkontrol.
  6. Burung pleci sangat menyukai buah-buahan jadi setiap hari harus ada buah misalnya pisang kepok, pepaya, tomat, dll. saya tidak akan menjelaskan fungsi dari buah-buahan tersebut pastinya sudah banyak di web temen2 yang mengulas tentang hal itu. lanjut, buah harus ada setiap hari dan jangan sampai membusuk, air minum diganti setiap hari dan kebersihan kandang yang harus tetap bersih.
  7. vor yang bagus buat pleci yaitu vor halus atau setengah halus tidak apa-apa. masalah merk terserah teman2 mau merk yang mana.karena kunci sukses merawat pleci adalah konsisten. kalau saya memakai vor racikan saya sendiri yang 100% mebuat pleci stabil dan lebih anteng serta mempercepat buka paruh (Pakan racikan akan dibahas di postingan berikutnya).
  8. Ekstrafooding, Pemberian EF pada pleci yaitu bisa Kroto,Ulat hongkong, dan jangkrik. biasanya masalah harian EF sehabis pleci dimandikan dan dijemur hingga jam 09.30 pemberiat EF dilakukan, misalnya Ulat hongkong yang berwarna putih (ganti kulit) sebanyak 3 ekor pagi dan sore. kroto cukup 2 kali seminggu ukuran satu sendok teh. begitu seterusnya sampai pleci kita benar-benar ngeriwik kasar dan buka paruh bongkar isian.
  9. lihat hasil pleci-pleci kita selama 3 bulan. kunci sukses burung jinak dan harus konsisten dalam pemberian pakan.
  10. Selamat Mencoba, berbagi ilmu itu indah 


#Salam_Pleci_Mania
Share this article :

2 comments:

Post a Comment

 
Support : Buku Kicau | BK Community | Suara Burung
Copyright © 2013. Buku Kicau - All Rights Reserved
Template Created by Buku Kicau Published by BK Community
powered by Blogger