Home » » Burung Kacer

Burung Kacer

Written By bunga cantik on Saturday, December 7, 2013 | 2:35 PM

Burung Kacer Merupakan salah satu jenis brung yang paling banyak digemari oleh para pecinta burung di dunia terutama penggemara burung indonesia, karena kicauan burung ini yang memiliki suara merdu dan lantang. burung kacer ini memliki empat jenis jika dilihat daerah penyebarannya. yang mana setiap daerah memiliki perbedaan dalam bentuk fisiknya. penyeberan burung kacer ini terdiri dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Tasikmalaya, Madagaskar. berikut ini penjelasan dari burung kacer atas penyeberannya.


1. Kacer Sumatera/ Kacer Poci
     banyak orang bilang bahwa kacer jenis ini juga dikatakan kacer poci. Daerah penyeberan kacer poci ini hanya pada pulau sumatera. kacer jenis ini merupakan kacer yang baling banyak digemari, dikarenakan kacer poci memiliki mental sangat optimal dari pada kacer jenis lainnya. Serta suara yang lantang dan bervariasi. burung kacer jenis ini juga pandai meniru suara burung yang ada disekitarnya sambil membuka ekornya dan leher menjulang keatas. Kacer poci juga sangat menyukai udara panas warna kacer poci yaitu hitam pada bagian ekor, punggung, dan kepala sampai dada serta pada sayap samping terdapat garis putih.

2. Kacer Lokal
     Kacer lokal juga bisa disebut kacer jawa, karena daerah penyebarannya yaitu pada pulau jawa jadi orang-orang banyak menyebutnya kacer jawa. kacer jawa ini mempunya warna yang dominan dimana seluruh tubuh berwarna hitam, terkecuali pada bagian sayap samping yang bergaris putih. kacer jawa sangat pintar menirukan sura burung lain dan jika dibandingkan dengan kacer poci, kacer jawa masih kalah suara. tetapi pada kacer jawa memiliki suara yang sangat bervariasai sehingga membuat para kicau mania banyak berburu burung yang satu ini. sehingga sekarang sangat sulit menemukan burung ini dan harga yang melambung tinggi dikarenakan populasinya sudah mulai punah. burung ini juga suka uda panas.

3. Kacer kalimantan
     kacer kalimantan sangat mirip dengan kacer sumatera/poci, tapi ada ciri khusus yang membedakan antara kedua daerah kacer tersebut. yaitu pada kacer kalimantann warna hitam pada dada memanjang hingga sampai sebatas perut. kacer jenis ini tidak banyak peminatnya dikarenakan mental dan suaru burung ini yang tidak begitu bagus, sehingga para penggemar burunng berkicau tidak banyak berminat jikalau untuk lomba.

4. Kacer Tasik
     Kacer tasik hampir sama dengan kacer jawa, hanya saja yang memedakan kacer tasik dengan kacer jawa adalah pada pangkal ekor bagian bawah terdapat terotol putih. kacer jenis ini paling sedikit digemari karena bermental jelek. itu terbukti karena ada salah satu orang mempunyai kacer tasik dengan perawatan yang ekstra, tapi apa daya saat digantang kalah mental dengan jenis kacer lainnya.

5. Kacer  Madagaskar (Copsychus Albospecularis)
    Kacer madagaskar terdiri dari 3 subspesies yakni pica, albospecularis dan inexpectatus. penyebaran kacer madagaskar ini terdapat di Madagascar Afrika. Warna pada burung ini dimana pada bagian ekor sampai punggung berwana kebiruan dan kepala sampai dada juga berwana kebiruan. suara burung ini tidak kalah dengan jenis burung kacer lainnya. di indonesia sendiri kacer madagaskar masih sedikit yang punya, itupun kalau ada hasil import dari Afrika.

para kicau mania biasanya kebanyakan memilih burung kacer sumatera/poci untuk dilombakan karena sudah terbukti mental yang dimiliki kacer tersebut berkobar-kobar saat bertemu sang  lawan, Adapun langkah persiapan saat menjelang lomba juga sangat penting bagi burung untuk bisa optimal waktu digantang. Demikian penjelasan dari jenis-jenis burung kacer.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Buku Kicau | BK Community | Suara Burung
Copyright © 2013. Buku Kicau - All Rights Reserved
Template Created by Buku Kicau Published by BK Community
powered by Blogger