Home » » Cara Merawat Cendet Tampil Performa 100% Ampuh

Cara Merawat Cendet Tampil Performa 100% Ampuh

Written By Unknown on Wednesday, December 11, 2013 | 5:35 AM

Burung Cendet - Merupakan burung predator yang memiliki suara isian yang cukup baik. karena burung ini pintar dalam menirukan segala macam jenis burung lainnya. Oke kita lanjut Cara Merawat Cendet Tampil Performa 100% Ampuh. mengaca pengalaman yang telah saya lakukan dan experimen yang telah saya lakukan pada cendet saya (Rambut Sanuri) namanya. heeee... 
   jangan mengira saya melatih cendet dengan cara militer disuruh lari, push up, dan shit up. wkwkwk,,, tapi tidak apa-apalah kalau anda pengen mencoba cara milter, toh itu kan cendet anda bukan cendet ane. :-D
     oke lanjut deh, pertama yang harus kita lakukan adalah memelihara cendet dari piyikan agar bisa kita melatih sesuai apa yang kita harapkan :
  1. Baca basmalah dulu sebelum memilih anakan cendet.
  2. Pelajari ciri-ciri anakan cendet jantan.
  3. Setelah anda menemukan cendet yang pas menurut anda, mulailah cara perawatan yang optimal
  4. Setiap 3 jam sekali biasanya anakan cendet mulai bunyi tanda lapar. kasikan pakan pagi jangkrik dipotong-potong. siang kasih voer dibuat bubur, sorenya jangkrik dipotong-potong. full krodong.
  5. setiap selesai dikasih makan atau kandang dibersihkan, letakkan ditempat tenang dan yang paling penting setel .mp3 masteran yang sesuai seperti lovebird, greja tarung, tengkek, kenari ngerol, ciblek nembak, dll. lakukan pemasteran 24 jam terhadap piyikan cendet sampi si piyikian tersebut tumbuh menjadi dewasa. ingat ya,,, dimasterkan 24 jam.
  6. setelah cendet sudah berenjak dewasa dan belajar bunyi, pakan yang cucok yaitu palet atau pakan lele yang ukuran sedang. didalam pakan lele ini yang banyak mengandung vitamin, mineral, protein dll. segingga pemberian jangkrik bisa di minimalisir. pemberian jangkrik disini pagi 3 dan sore 3. sedangkan kroto setiap minggu 1 kali saja.
  7. Pamandian cendet bisa dilakukan dengan menyemprot cendet, pada pagi sore dan malam. mengapa malam???? karena cendet burung yang sering over birahi. jadi untuk meminimalisir OB dari cendet lakukanlah pemandian malam sekitar jam 20.00.
  8. Melatih Mental cendet agar super saat dilapangan , nah pada bagian ini yang kita tunggu-tunggu. burung biasanya kalau sudah di tempatt dikurungan semenjak kecil akan berpengaruh juga terhadap fisik, yang mana jika dibandingkan dengan yang ada alam liar burung bisa terbang dari pucuk timur hingga pucuk barat tanpa rasa kelelahan dan suara kicauannya yang seakaan-akan cetar membahana jika kitta mendengarkan. bagaiman cara menerapkannya pada cendet rumahan kita agar bermental burung alam terbuka dan tetap jinak?? okeee,,, lanjut, pertama kita harus menyiapkan kamar kosong, jangan kurungan yang besar ya. tapi kamar atau ruangan yang tidak dipakai. tutup bagian yang bolong-bolong atau tutup yang sekiranya cendet tidak bisa keluar dari ruangan tersebut. siapkan kayu panjang buat tangkringan cendet, buat cendet seperti alam liar. 
  9. oke setelah tempat sudah siap, lanjut pada pelepasan cendet remaja pada ruangan yang sudah disediakan tadi, pertama cendet akan kelabakan atau nabrak-nabrak dinding, dan nafas si cendet ngosngosan. itu sudah biasa pada hari pertama. lakukan selama setengah hari. 
  10. hari kedua lakukan hal yang sama, sambil dilempar dengan jangkrik. apakah se cendet mulai mau menangkap jangkrik dengan sendirinya? kalau belum harus dibiasakan.
  11. hari ketiga ulangi langkah-langkah diatas tapi durasi penempatan diruangan lebih lama, dari habis dijemur pagi sampai siang jam 14.00.
  12. hari keempat biasanya cendet sudah mulai terbiasa terbang kesana kemari dengan nafas yang tidak ngos-ngosan lagi. itu berarti cendet sudah mulai beradaptasi.
  13. hari ke lima lakukan hal yang sama dengan durasi lama dari pagi habis dijemur sampai sore jam 17.00
  14. lakukan hal semacam itu selama cendet berganti bulu dua kali. mengaca pengalaman saya yang melakukan seperti ini membuktikan hasil yang sangat luar biasa saat dilapangan lomba maupun dirumahan. sampai-sampai cendet saya pas waktu di tempatkan diruangan yang sudah saya siapkan dari pagi sampai sore tetap berkicau dengan lantangnya.
  15. selamat mencoba


#Salam Cendet Mania

    
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Buku Kicau | BK Community | Suara Burung
Copyright © 2013. Buku Kicau - All Rights Reserved
Template Created by Buku Kicau Published by BK Community
powered by Blogger